-dnthink-

-don’t even think-

Divine Kids : Gamehouse-nya Indo??

Untuk sebagian besar gamer, mungkin sudah sering mendengar nama Divine Kids. Tapi karena sepertinya saya yang belum layak disebut sebagai gamer, jadinya saya baru kali ini mengetahuinya dari sebuah majalah game *haha. Oke, peduli amat baru tahu atau tidak, saya berusaha untuk mengejar ketinggalan informasi mengenai Divine Kids (DK). Awalnya saya merasa pesimis ketika masuk ke situs resmi DK (www.divinekids.com). Apa bisa game-game DK disetarakan dengan game-game luar, seperti punya Capcom, EA, Konami, dan lain sebagainya?

logo-divinekids

Namun setelah saya membaca lebih dalam dari sejarah DK, rupanya memang DK mengakui kalau game-game mereka masih sangatlah jauh dibanding game asing dan untuk dapat bersaing dengannya juga merupakan tantangan yang amat berat.  So what? Kalau bukan sekarang, lantas kapan Indonesia mau bikin game sendiri?

DivineKids adalah game yang diakui dan mendapat award resmi dari MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai Game Pertama Indonesia pada tahun 2004 dan banyak majalah-majalah Game dan Komputer (Gamestation, PCGAME, Bobo, INDOPOS, Game21, dll) . Sebenarnya sudah banyak game-game buatan orang-orang indonesia yang lain tetapi karena kekurangan syarat-syarat minimal tertentu seperti : Karakter menggunakan karakter asing, penyebaran yang kurang luas, bahasa yang digunakan bukan bahasa Indonesia, tidak terdaftar resmi Copyright ataupun Trademarknya, dll karena itu tidak dipilih sebagai Game Pertama Indonesia Resmi. (diambil dari Wikipedia)

Terkesan sangsi dengan pernyataan “Game Pertama Indonesia Resmi”?? Ada sebuah review yang “nyelekit” yang saya temukan mengenai DivineKids. Gamexeon menyatakan bahwa DivineKids merupakan game pertama yang prematur (http://gamexeon.com/feature-dkagpi). Menurut review tersebut juga, game-game buatan DK memiliki judul yang tidak komersil dan kualitas game-nya masih belum mampu untuk menahan para hardcore gamer untuk memainkannya lebih dari 15 menit!

In fact, DK masih mampu eksis hingga sekarang dan bahkan telah menghasilkan 58 game asli buatan Indonesia. Tidak lain adalah hasil kerja keras dari om David Setiabudi,S.Sn,AmRO yang terus berkarya dan mempopulerkan game DK. Game terbarunya saat ini adalah Game Pemilu 2009, game sederhana dimana kita harus mencocokkan gambar yang sama. Sekilas nih, kalau saya melihat-lihat berbagai jenis game-nya, memang tidak terkesan “berat”. Dari segi permainannya, belum saya coba juga*saya masi download salah satu gamenya saat posting ini*, tapi kalau berdasar review dari Gamexeon mengatakan bahwa game-game DK hanyalah sebuah minigame. Maksudnya adalah tingkat kesulitan game DK terlalu mudah dan alur permainannya masih statis. Apakah bisa dibilang selevel dengan GameHouse?

13Kerajaan-DK– Yang membuat lucu, grafisnya original memakai foto-foto orang Indo-

Tampilan game-game DK masih berupa tampilan 2D, dan banyak yang dibuat dengan Macromedia. Kalau GameHouse? Sejauh yang saya mainkan, memang sudah ada yang memiliki tampilan 3D, tapi itupun tidak terlalu rumit dan detail. Intinya game-game dari GH dan DK sama-sama merupakan minigame. Kalau anda terbiasa dengan game-game kelas berat seperti C&C, CoD, atau game balapan seperti NFS, pastinya akan cepat bosan jika memainkan minigame milik mereka. (Buat yang mau download game DK, silahkan klik disini)

Sebagai gamer Indonesia khususnya, saya turut mendukung kemajuan game-game DK. Jika memang untuk saat ini game DK hanyalah sebuah minigame, tantangan sebenarnya adalah bersaing dengan GameHouse donk! Entah itu nanti ditingkatkan grafisnya atau dikembangkan lagi dari segi permainannya. Semangat terus buat pembuat game Indonesia dan teruslah berkarya! *chayoo buat om David khususnya ^__^, saya ndak sabar pengen nyoba game-gamenya*

March 15, 2009 - Posted by | -Gamez- | ,

2 Comments »

  1. Terima kasih atas reviewnya😀

    Game-game kami masih sederhana dan terus berusaha dikembangkan. Kualitas terus ditambah agar mampu bersaing dengan game asing. Awal2 game kami diejek2 (sampai sekarang masih ada), tetapi kalau kita tidak belajar membuat, sampai kapan game Indonesia bungkam? Meski kualitas kurang, kita tetap buat, dan perbaiki agar lebih baik. Kayak berobat jalan gitulah😀

    Game terbaru dari Divinekids yang bekerjasama dengan Gamestation adalah DK Strategy, yang previewnya : http://www.divinekids.com/dksf-preview.jpg
    Doain kita bisa buat game terus.

    Comment by David Setiabudi | May 6, 2009 | Reply

    • Okey om David,, sebelumnya saya juga berterima kasih sudah mau mampir ke blog saya🙂
      Mengenai game DK, saya yakin nanti pasti akan mampu bersaing dengan game asing. Selama ada dukungan dari kita sendiri, terutama para gamer Indonesia, rasanya harapan itu pasti tercapai🙂. Hanya saja game-game DK harus mampu bertahan dari cobaan mental yang juga datang dari kita sendiri, maksudnya walaupun ejekan terus mengalir, jangan menyerah om! Saya akan terus mendukung kemajuan game-game DK, kalau perlu akan saya review terus game-gamenya supaya orang lebih tahu kualitas game buatan orang Indonesia asli. ^_^

      Comment by DnT | May 6, 2009 | Reply


Leave a Reply

