-dnthink-

-don’t even think-

Tom Clancy’s H.A.W.X : Saatnya tempur!

HAWX-PCSetelah menamatkan Prince of Persia (posting sebelumnya), saya dibuat penasaran dengan adanya dua game yang cukup istimewa yang baru dirilis bulan Maret 2009 lalu. Dua game itu yakni Warhammer 40,000 : Dawn of War 2 dan Tom Clancy’s H.A.W.X. Bagaimana tidak, setiap kali saya mau meminjamnya di rental, selalu saja keluar sudah dipinjam orang. Sampai akhirnya beberapa hari yang lalu saya berhasil meminjam dua game tadi dan langsung mencobanya.

Tom Clancy’s H.A.W.X memberikan kesan tersendiri bagi saya saat memainkannya. Sebelum saya menginstall game ini, ketika melihat minimum requirement-nya agak pesimis sih. Tapi ternyata saya berhasil memainkannya dengan lancar-lancar saja, hehe *thx to my HD2400 XT*. Dan sepertinya, sama halnya dengan Prince of Persia, game-game milik Ubisoft memang membutuhkan spec yang tinggi. Tetapi kalau kita sudah mencapai minimumnya saja, game-nya bakal berjalan lancar sekali. Berbeda kalau kita main game milik EA dengan minimum spec, pasti jalannya game agak tersendat-sendat. Adapun yang perlu diketahui, requirement-nya :

Operating System: Windows XP (SP 3) or Windows Vista (SP 1)

  • Processor: Intel Pentium 4 2.0 GHz / AMD Athlon XP 2000+ or higher (Intel Core 2 Duo 6320 / AMD Athlon X2 4000+ or higher recommended)
  • RAM: 1 GB (2 GB recomended)
  • Video card: NVIDIA GeForce FX 5900 128MB / ATI Radeon 9800 Pro 128MB or higher (256MB video memory recommended)
  • Sound card: DirectX 9.0c compatible
  • DirectX version: DirectX 9.0 or 10.0 libraries
  • Hard drive space: 7 GB

HAWX-0

Semua requirement itu setara dengan hasil yang ditampilkan. Detail world HAWX sangat bagus, tak kalah juga dengan detail grafis pesawat tempur yang kita gunakan saat bertempur. Musik, sound effect, serta voice-nya membuat suasana tempur semakin panas, serasa benar-benar berada di medan tempur. Jenis pesawat yang digunakan lebih dari 20 jenis, jadi anda tidak akan bosan dengan pesawat itu-itu saja. Selain itu, ada fitur yang menarik dalam game ini untuk Multiplayer. Tersedia Voice Command, dimana kita bisa menggunakan mic *lebih enak lagi kalau punya headset yang ada mic-nya* untuk berkomunikasi antar player. Bisa dibayangkan, anda bermain bersama-sama teman anda *bisa online maupun LAN*, satu sama lain bekerja sama dalam satu misi dan semuanya dapat saling berkomunikasi cukup dengan voice command.

HAWX-1

Untuk segi kontrol dan gameplay, HAWX kalau saya bilang tergolong  cukup mudah untuk pemula. Dalam HAWX tidak ditonjolkan pada simulasi “terbang”-nya pesawat, akan tetapi dalam hal “tempur”nya. Jadi anda tidak perlu repot-repot belajar take off serta landing pesawat tempur anda. Kita akan disuguhi langsung kondisi saat pesawat sudah mengudara. Satu hal lagi yang istimewa dalam HAWX, anda bisa mematikan Assistance  system untuk mengontrol pesawat anda lebih bebas. Kalau saya bilang ini mode untuk third person-nya pesawat. Sangat berguna kalau anda ingin menghindari rudal yang mengarah ke pesawat anda.

Misi-misi yang ditawarkan dalam Campaign mode tidak membosankan juga. Dalam misinya, akan ada beberapa jenis, yakni escort (mengawal), protect (menjaga), stealth (menyelinap), search and destroy (mencari letak musuh tanpa bantuan radar), serta support (membantu penyerangan). Overall, HAWX merupakan game pesawat tempur yang seru abiz. Bosan dengan bermain single-player? Anda bisa mencoba fitur co-op maupun versus-nya. Kesulitan dengan kontrol keyboard? Saya sarankan anda mencobanya dengan joystick. Dijamin sensasi-nya bakal lebih seru.

April 2, 2009 - Posted by | -Gamez- | ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: