-dnthink-

-don’t even think-

Dawn of War 2 : Tyranids spores are spreading!

DoW2-coverWell, lanjutan dari posting sebelumnya. Kalau tadi berbicara mengenai HAWX, kali ini tentang Dawn of War 2, seri kedua dari Warhammer 40,000: Dawn of War. Game ini juga salah satu game yang saya cari-cari karena penasaran dengan gameplay-nya. Terakhir kali saya bermain game bergenre RTS yaitu Company of Heroes, itupun cuma sebentar karena saya tertarik hanya di awal-awal saja *bosan dengan cerita perang jaman lampau, hehe*. Dan setelah berhasil mendapatkan Dawn of War 2, saya berharap gameplay-nya akan lebih menarik daripada Company of Heroes.

Dari segi requirement, komputer saya masih mampu untuk memainkan Dawn of War 2. Tidak ada masalah dalam instalasi. Hanya saja setting game harus saya low-kan agar dapat berjalan lancar *karena agak berat, mirip Gears of War*. Dawn of War 2 tidak membutuhkan seri game sebelumnya alias game ini stand-alone, bukan expansion.

Berhubung saya belum memainkan Dawn of War seri yang sebelumnya, jadi background story game ini tidak banyak yang saya ketahui. Hanya di awal game, diceritakan bangsa Eldar dan Human yang selalu bertarung memperebutkan wilayah harus menyadari bahwa ada bangsa lain yang mulai menguasai wilayah mereka, yakni Tyranid. Bangsa alien yang sadis, mirip Zerg kalau anda bermain Starcraft.

Tyranid

Sayangnya dengan munculnya ras baru dalam Dawn of War 2, untuk Single player mode kita hanya akan bermain dengan ras Human. Jika kita ingin mencoba ras Tyranid, mau tidak mau harus bermain Multiplayer. Untuk gameplay-nya, saya cukup puas dengan Dawn of War 2 ini. Perkembangan ceritanya selalu menarik untuk diikuti, beserta misi-misinya yang bertambah tingkat kesulitannya. Dalam Dawn of War 2, kita bisa memilih misi mana yang akan kita lakukan lebih dulu. Dengan begitu player harus pintar-pintar me-manage misi mana yang lebih penting agar misi keseluruhan dapat berjalan dengan baik.

Grafis, sound effect serta musik Dawn of War 2 terbilang bagus. Dalam setting grafis yang high, efek-efek ledakan bom, landing dari unit yang memiliki jump pack terlihat sangat bagus. Sensasi “war“-nya cukup terasa jika anda menempatkan unit-unit yang bertempur secara langsung. Lain halnya jika anda menyertakan unit infiltrator dalam misi, secara tidak langsung anda harus memiliki strategi yang bagus agar semua unit dapat berkoordinasi dengan baik dalam melawan musuh. Adapun nanti dalam campaign, unit yang anda gunakan *ras human* adalah force commander, heavy melee unit (Thaddeus), heavy bolter unit (Avitus), range unit (Tarkus), scout unit (Cyrus), dreadnought (Davian Thule-revived).

DoW2-units

Ada satu fitur yang sebenarnya ingin saya coba dari dulu. Sama halnya dengan game Gears of War, Dawn of War 2 ini termasuk dalam golongan Games for Windows. Fitur yang ditawarkan adalah bermain LIVE sehingga kita bisa membuat gamer card yang nantinya akan berisi skor-skor gaming anda setiap kali memainkan game jenis itu. Selain itu kita juga bisa bermain online, entah itu bermain sendiri maupun multiplayer dengan orang lain, secara LIVE. Ketika saya mencoba mencari informasi mengenai LIVE gaming, saya terpaksa harus mengurungkan niat tersebut karena terganjal originalitas (liat sendiri di sini infonya). Ya, untuk fitur Windows LIVE gaming, kita membutuhkan serial key dari game-nya. Selain itu kita juga harus mendaftarkan diri sebagai member Games for Windows LIVE, kalau yang ini sih gratis. Agak kecewa juga karena terganjal originalitas, terpaksa deh saya bermain dalam single-player mode saja T__T. (Kira-kira dimana ya beli game aslinya?)

April 3, 2009 - Posted by | -Gamez- | ,

No comments yet.

Leave a Reply

