-dnthink-

-don’t even think-

Sacred 2 : Fallen Angel, RPG tipikal Diablo?

Beberapa hari ini saya disibukkan oleh dua hal, yakni skripsi dan game, hehe. Biasanya game-game sebelumnya yang saya mainkan tergolong cepat tamatnya. Tapi untuk Sacred 2 : Fallen Angel, butuh waktu lama untuk mengetahui ending-endingnya. Sacred 2 tergolong dalam game action-RPG dimana kita diberi pilihan 6 jenis karakter dan bertualang di dunia Ancaria. Sebenarnya alasan utama saya pada awal memainkan game ini adalah untuk menunggu rilisnya Diablo 3 yang belum ada kabarnya sampai saat ini. Hanya saja tampilan visual dari game ini katanya lebih bagus, ceritanya lebih menarik, dan questnya menantang. Benarkah? Let’s see.sacred-2-fallen-angel

Spesifikasi minimum untuk Sacred 2 : Fallen Angel yakni :

  • 2.4 GHz processor
  • 1 GB RAM
  • Graphics card with 256 MB RAM, DirectX® 9.0d compatible, with Pixel Shader 2.0 support:(nVidia® GeForceTM 6800 or ATI® RadeonTM X800 or higher)
  • DirectX compatible sound card
  • DVD-ROM drive
  • 20 GB free Hard Drive (HDD) space
  • Microsoft® Windows® XP (32 / 64 Bit) with Service Pack 3 / Vista® (32 / 64 Bit) with Service Pack 1
  • DirectX 9.0d (sudah termasuk dalam game)

Cukup berat di kompi saya, sehingga terpaksa saya gunakan setting graphics low. Meskipun low, tapi memang tampilan visualnya terbilang luar biasa. Gerakan-gerakan rumput serta pohon-pohon terlihat masih bagus ketika karakter saya menggunakan magic-nya. Efek-efek dari magic tersebut juga terlihat bagus. Ada kalanya ketika karakter kita menggunakan God’s gift-nya, visual-visual efeknya memberikan kesan indah. Pergantian waktu juga terjadi dalam game ini, jadi kita bisa melihat perbedaan karakter kita saat melawan Kobold di siang hari dengan melawan Skeleton di malam hari. Lampu-lampu jalan menerangi petualangan kita saat berpetualang di malam hari melawan monster-monster yang beraneka ragam di dunia Ancaria.

Ada beberapa hal lagi yang menambah keasyikan bermain dalam Sacred 2 : Fallen Angel, sound effect serta background music-nya sangat bagus. Tiap kali karakter saya mengalahkan monster dia akan berkata sesuatu. Dan bukan suara yang berulang-ulang (see what i mean?). Setiap momen akan memunculkan sound yang unik dan enak di telinga deh pokoknya🙂. Kemudian saya dibuat kagum dengan luasnya world di game ini. Beberapa karakter memiliki awal cerita yang berbeda, begitu pula dengan start place-nya. Kita diberi kebebasan untuk pergi kemanapun dan melakukan apapun. Scenery yang diperlihatkan Sacred 2 : Fallen Angel membuat mata saya tidak berkedip, haha. Entah karena pengaruh low setting kompi atau memang terkagum-kagum dengannya🙂.

Sacred2

-Seraphim in action-

Okay, Sacred 2 : Fallen Angel kelihatannya bagus, grafisnya luar biasa, audio bagus dan game world-nya luas. Bukan berarti game ini sempurna. Sayangnya kesempurnaan Sacred 2 dinodai oleh bug-bug yang banyak terjadi ketika saya memainkannya. Beberapa monster terlihat masih berdiri tegak setelah saya membunuhnya. Ada juga Skeleton yang tiba-tiba berjalan menyelam ke dalam tanah dan tetap bertarung dengan karakter saya. Tidak semua terrain dapat dilewati, seperti tanjakan-tanjakan di bukit, semak-semak serta ada beberapa jalan yang entah-terhalang-apa tidak bisa dilewati. Awal-awal game saya dibingungkan oleh sistem teleport antar tempat. Rupanya memang Sacred 2 memiliki sistem yang aneh dalam hal ini karena tidak semua tempat dapat kita temukan portal teleport. Mungkin saya menyebutkan bahwa salah satu kelebihan game ini adalah luasnya game world-nya. Tapi bagi beberapa orang luasnya world tersebut justru melelahkan melihat sistem teleport yang aneh tadi.

Dari segi gameplay, kita diberi pilihan 6 karakter : Seraphim, High Elf, Dryad, Shadow Warrior, Inquisitor, dan Temple Guardian. Keenamnya saya sebut tipe-tipe biasa-untuk-RPG karakter. Kombinasi dari kemampuan magic, close combat, serta range combat, semuanya ada dari 6 pilihan tersebut. Sebelum memainkan karakter, kita diberi pilihan untuk berpihak pada Light atau Dark, pilihan itu akan mempengaruhi campaign yang akan dipilih. Pilihan selanjutnya adalah tipe God yang akan memberi kemampuan spesial bagi karakter kita. Sayangnya, dari 6 pilihan karakter tersebut sepertinya cerita utama dari masing-masing karakter kurang dihiraukan dalam petualangannya nanti. Terlalu banyak quest sampingan yang, saya rasa, tidak terlalu berkaitan dengan main story dari campaign game ini. Banyak quest itu bagus, tetapi kalau cerita utamanya tidak ada rasanya seperti hambar untuk memainkannya terlalu lama.

Kalau Sacred 2 : Fallen Angel dibandingkan dengan Diablo 2, jelas Diablo 2 kalah dalam hal grafis. Tapi hal ini belum dibuktikan dengan Diablo 3. Sacred 2 boleh dibilang adalah game untuk menunggu rilisnya Diablo 3 nanti. Buat yang gak sabar nunggu Diablo 3, Sacred 2 : Fallen Angel cukup bagus untuk dimainkan lebih dulu. Karena Diablo 3 sampai saat ini entah kenapa belum terdengar kabar kapan rilisnya. Hanya saja satu hal yang perlu diperhatikan jika ingin memainkan Sacred 2, terbiasalah dengan bug-bugnya karena akan sangat mengganggu jika kita tidak sabar🙂. Thx for reading, di bawah saya kasih iming-iming nih preview cover Diablo 3, haha.

diablo-3

May 18, 2009 - Posted by | -Gamez- | ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: